Kamis, 28 Agustus 2014

What essential skills a woman should have

"Kamu siap jadi istri kalau udah bisa masak dan jahit", itu pas kata bu Anita waktu SMA. Waktu itu cuma manggut-manggut aja dan nggak terlalu mikirin 'wanita harus bisa apa'. Sekarang ternyata di umur yang DUH kepala dua, ternyata 'wanita harus bisa apa' itu jadi dipikirin. So, i'll write it down, ini menurut saya aja ya, bisa sangat subjektif, atau lebih gampangnya, saya pengen jadi wanita yang seperti ini.


here we go...

1. Pinter / wawasannya luas
Ini paling utama, kenapa? menurut saya karena intelligent never fail being beauty, kelak wanita akan jadi ibu, dan ibu adalah guru pertama untuk anak-anaknya. :) Pinter ini ya luas pergaulan, punya banyak pengetahuan dan yang paling penting, 'tau Agama'


2. Masak
Waktu semester 3 kemarin pas lagi nyantai-nyantai di kosan saya bilang sama mbak fitri (yang bantu-bantu di kos) "mbak aku lho nggak bisa masak" // "hah?sumpah dek? kamu udah 19 tahun ngga bisa masak?" // ya saya jujur aja bilang iya, soalnya sekalian saya pengen belajar dari mbak fitri, soalnya masakannya doski cociks abiiiss! enak! Sebenernya saya pas SMA bisa masak, paling susah nasi goreng MEH ._. Kenapa saya pengen bisa masak?
a. Karena mau hemat, waakakka kalo diitung-itung uang kalo makan diluar dikalkulasiin sehari bisa 30rb lebih, kalo masak sendiri 10rb itu udah bisa dapet sayur dan lauk macem-macem, lumayan 2 minggu bisa beli keperluan lain kan, buku misalnya :v
b. Karena mau masak-masakin yang enak buat keluarga kelak (((KELAK))), jujur sih ibu saya itu orang yang nggak suka masak, ada kali seminggu 5hari bayem terus, tapi tetep di dunia ini masakan favorit saya adalah masakan ibu,  soalnya dari kecil lidah saya udah kebiasaan sama masakan ibu, nah saya juga pengen jadi favorit chef untuk anak2 saya kelak......trus mereka nggak jajan di luar, ujung-ujungnya hemat lagi :v
Sekarang alhamdulillah udah bisa masak, walaupun ya cuma masakan rumahan sama bikin kue yang gampang-gampang, kayak sup asparagus sama kepiting asam manis. CANDA CANDA.. hahha masakan rumahan ya yang oseng-oseng, sop, ayam kecap, bihun, paling ribet pernah bikin soto, dan semua resepnya dari mbak fitri *pelukin* daripada beli bukunya Bu Siska yang di gramed, resep oseng-oseng doang 70rb padahal kan cuma bawang-bawang ama cabe gitu :''(


3. Nyetir
Saya kayaknya juga lumayan telat masalah ini, baru lancar nyetir motor ya kuliah ini, dulu kebanyakan nebeng, sekarang lebih enak gitu nggak ketergantungan sama orang, lagian saya orangnya males nungguin orang lain :v jadi kan enak mau berangkat kemana tinggal berangkat aja naik motor (WALAUPUN SERING NYASAR, SERING BANGET BANGET) , saya tuh orangnya nyasaran gitu nggak pernah apal jalan, dulu pernah mau ke stasiun nyasar ke pasar besar, ada kali jaraknya 10km :') alasan lain kenapa wanita harus bisa nyetir adalah, biar enak kalo nganterin anak sekolah, iya saya tuh sebagian besar dulu kalo kemana-mana dianterin ibu, jemput sekolah, anter les, anter ke gramed, ya gitulah pokoknya kalo ayah kan seringnya kerja gitu jadi lumayan sibuk dan gabisa selalu -oke-langsung-berangkat- kalo dimintain tolong jemput atau anter.


4. Ngurusin Rumah
Semodern-modernnya cita-citamu jadi wanita *egimana sih bahasanya*, pokoknya semodern apapun kamu jadi wanita, menurut saya wanita harus bisa ngurus rumah, ibu saya tuh adaaaaa aja metodenya buat ngurus  rumah, misalnya mana baju yang nggak bisa dimasukin mesin cuci mana yang enggak, mana yang harus disendiriin kalo nyuci, mana yang harus dikucek banget dan ditambain detergen, adaaa aja sih, ribet ya? tapi ya gitu biar bajunya awet kata ibu, jadi ya menurut saya nantinyapun kalau mau pake asisten rumah tangga, kita tetep harus tau ngurus rumah yang bener itu gimana.


5. Punya penghasilan sendiri.
Iyadongs~ walaupun semapan apapun suami kamu kelak, bukannya enak kalau punya penghasilan sendiri? Uang suami untuk uang rumah tangga, uang istri untuk foya-foya sendiri. CANDA LAGI.... Hahaha ya tapikan cewek emang selalu punya kebutuhan yang (dibuat) lebih banyak dari cowok ya haha, yang sepatu, tas, make up, buku, tergantung hobi sih, jadi kan kalau punya penghasilan sendiri enak, selain buat kebutuhan rumah tangga, uangnya bisa beli barang yang kita pengen, misal kemarin ibu saya tuh pengen beli wajan yang bagus gitu yang apalah gitu yang lucu, ayah saya sih nggak ngebolein katanya mending beli yang biasa aja yang penting bisa buat goreng -___-, kalau kita punya penghasilan sendiri kan enak bisa beli wajan yang unyuw-unyuuw warna pink :v Nah penghasilan istri juga biasanya dipake untuk keperluan dadakan dan nggak terduga lho, jadi semacam tabungan gitu.


6. Make Up
Agak susah ya mengubah stereotip masyarakat kalo cewek yang pake make up itu centil, nggak apa adanya, nggak mensyukuri yang udah dikasih, mau menarik perhatian cowok, -___- Geer banget kalian para cowok! Saya dulu juga sebelum masuk radio juga nggak make up sama sekali, paling bedak doang (itupun kalo nggak lupa), nah di radio karena emang banyak event yang mengharuskan kita dress well, entah MC, acara apa-aapa gitu, makanya saya jadi tau dan bisa dikit-dikit make up. Dulu pernah mau ngeMC ulang tahun gitu,saya harus ke kosan temen buat minta make up-in, dan karena saya juga nggak punya alat-alatnya,semakin kesini saya diajarin "kita nggak tau hari ini mau ketemu siapa, mungkin aja mau ketemu calon bos di kantor yang bakal ngasih kerjaan? atau mau ngajuin proposal atau ketemu orang penting" Semenjak itu saya nyadar, iyasih cewek itu harus BISA make up, yang penting mah bisa ya jadi biar nggak menor, make upnya disini ya make up biasa aja, kalo saya sih cuma pake bb cream, bedak, eyeliner, sama lipstik, kadang-kadang aja kalo ada acara apa gitu pake eyeshadow sama blush on, oh dan parfum. Terlihat ribet? Nggak sih sebenernya kalo kamu udah biasa, ingat make up biasa disini beda sama menor, kamu boleh make up benor merah kuning ijo dilangit yang biru......kalo mau ikut JFC. Saya nggak pernah peduli sama anggapan (kebanyakan) cowok kalo cewek dandan itu centil, karena emang saya nggak dandan untuk diliat cowok dan saya nggak dandan berlebihan, saya dandan untuk diri saya sendiri, siapa tau dijalan ketemu orang penting yang bisa nawarin kerjaan, atau harus presentasi yang terlihat rapi, ngajuin proposal, dll, karena ya sebelum kenal lebih dalam, orang PASTI liat luarnya dulu dong. Visual first mah dimana-mana.


7. Ngatur Waktu
Punya banyak skill diatas kalo nggak bisa ngatur waktu mah sama aja, misal jadi nggak sempet masak karena kelamaan dandan, atau jadi telat anter anak sekolah karena belum kelar masak dan beberes. Ibu saya tuh bisa banget gitu jam 8 pagi udah PKK tapi sarapan, dan cucian udah dijemur, saya juga mau kayak ibu, walaupun emang harus bangun lebih pagi dari semuanya, tapi kalo semua bisa dikerjain pasti nggak kepikiran dan nggak ada tanggungan. Saya juga mulai belajar kayak gitu, sebelum kuliah nyuci dulu, masak dulu, tapi masih sempet kutekan dan make up sebelum kekampus. :v HAHHAHA kutekan, ketauan deh kalo endel.


Nah menurut saya sih itu skill yang what woman should have, nguntungin bukan cuma biar jadi istri yang baik, ibu yang baik tapi juga wanita yang asik, menurut saya haha, stereotip kebanyakan wanita yang pinter ngurus rumah tangga itu bukan wanita karir yang modis dan blablabla, atau wanita yang keliatan haha hihi pake make up itu nggak bisa ngurus rumah, KATA SIAPA? bisa kok, saya nyuci dikosan aja kutek nggak rusak. :v


Sekali lagi, ini cuma menurut saya dan bisa sangat subjektif, kalo menurut kamu gimana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar