Jumat, 07 Februari 2014

Pakailah Kacamata yang Pas

Liburan kali ini alhamdulillah kebanyakan nganggurnya -__-, alhasil (ciegitu alhasil bahasanya), tiap hari selain melakukan daily aktivitas semacam sholat, masak, dan hal mbabu lainnya, yang saya lakukan hanya duduk di depan tv, ya kalo nggak baca buku deh. Kalau nggak liburan begini saya emang jarang nonton tv, di kos ada sih tv tapi entah kenapa suka nggak sempet. Di rumah emang banyak chanel stasiun televisi, ada kali hampir seratus tapi rasanya percuma kalo ternyata setengahnya isinya promo-promo produk fitnes dan panci masak. Ya ada sih chanel-chanel tv lokal tapi ternyata isinya kalo nggak goyang-goyang all day long ya berita gosip, yang artisnya itu-itu aja, btw tetep semangat yah buat ayu ting-ting. LAH. Dan berita-berita di tv juga tentang bencana alam yang as we know, lagi rajin-rajinnya main ke Indonesia.
Jujur saya nggak suka sama isi program yang kayak begini, idupin tv acara joget, pindah chanel acara gosip, pindah lagi acara hipnotis, saking sebelnya saya hampir refleks beli tv baru, ciegitu. Menurut saya isi acara yang kayak gini bikin pikiran kita hopeless sama Indonesia. Berita baiknya nggak sebanding sama berita buruknya, saya pernah diskusi sama temen saya di kelas, dia ngotot bilang bahwa "ya kita bisa apa, kalaupun kita memperbaiki Indonesia toh lingkungan di sini nggak mendukung." Padahal saya udah ngotot bilang bahwa kita nggak boleh pesimis banget sama Indonesia, kalo kita yang mahasiswa aja pesimis terus gimana masa depan coba,tapi dia tetap ngotot, entahlah susah emang ngomong ama cetakan batako. Tapi saya juga nggak bisa sepenuhnya menyalahkan dia sih, pasti dia kebanyakan ngeliat keadaan Indonesia yang digambarkan dengan sangat buruk oleh media.
Ya bagi saya, kita nggak sedang hidup di surga, nggak bakal semua yang kita lihat bakal baik dan indah, jadi kitalah yang harus mencari sisi baik dari negeri ini. Nih ya contohnya, ditengah-tengah rasa hopeless kita sama pejabat-pejabat yang keliatannya hobi obral janji dan korupsi, muncul sosok Jokowi dan Ahok yang kalian pasti tau mereka cukup membuat orang Jakarta ngerasa nggak salah pilih, walaupun media juga nggak habis-habisnya membuat image mereka jelek, mereka orang yang nggak takut untuk bersuara, saya sih kebanyakan tau beritanya lewat twitter atau media lain selain televisi. Mungkin kalian pikir orang kayak jokowi dan ahok yang cuma satu nggak bakal cukup buat Indonesia, mereka cuma ada di Jakarta. Kalian tau Ridwan Kamil nggak? walikota Bandung, saya banyak tau prestasi beliau dalam memperbaiki Bandung itu bagus banget, kalian bisa search sendiri deh atau follow instagram beliau. Tuhkan, sebenernya orang-orang model Jokowi yang bisa dipercaya itu udah mulai bermunculan kok, kita aja yang nggak tau, atau ehm, media yang males ngasih tau. Kebanyakan kasus korupsi partai emang bikin kita hopeless rasanya buat milih. Tapi kalo Gus Dur bilang jika kita berbuat baik, orang nggak bakal tanya apa agama kita. Buat saya sih sama, kalo pemimpin itu bekerja dengan baik, orang juga nggak bakal tanya beliau dari partai mana. FYI, sampe sekarang saya nggak tau Jokowi dan Ahok itu dari partai mana, atau Ridwan Kamil itu calon partai atau independen. Buat saya sih udah nggak terlalu penting.
Jadi nggak ada salahnya kan kita optimis sama Indonesia? Pemilu depan juga baiknya sih kita milih ya, nggak ada alasan golput karena kita nggak tau calon-calon presiden misalnya. Nggak usah manja dan maunya disuapin media doang, cari sendiri infonya, twitter sama facebook jangan dipakai buat galau doang, banyak banget info yang menurut saya lebih positif yang bisa didapat lewat sosial media, kalau kalian mau berusaha nyari. Kalo nggak yakin juga sama para calon, at least tetep dateng dan milih, bikin suara yang nggak sah juga nggak papa kok, biar suara kalian nggak disalahgunakan. 
Ohiya lupa, untuk TV juga jangan hopeless, masih ada chanel-chanel idealis yang tayangannya layak untuk ditonton kok, kalau saya sih kebanyakan nonton NET atau KompasTV. Akan selalu ada hal baik dalam lusinan hal buruk, akan selalu ada, kalo kita percaya.Pakailah kacamata yang pas biar kita nggak rabun :)



6 komentar: